Penyerahan Sertifikat Tanah Kasultanan, Tanah Kalurahan, dan Sertifikat Hasil Lintas Sektor

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bantul telah berhasil menyelesaikan Pensertifikatan Tanah Sultan Ground, Tanah Desa/kalurahan, Tanah Pemerintah Daerah dan Tanah Lintas Sektor yang dimiliki Warga Sriharjo dan Warga Wukirsari. Penyerahan sertifikat diselenggarakan di Pendopo Srikeminut, Sriharjo, Imogiri, Jum'at (12/07/2024). 

Penyerahan sertifikat Tanah Sultan Ground (SG) dan Tanah Desa/Kalurahan (TD) Hasil Tahun 2022 sebanyak 199 Sertifikat dan Tahun 2023 sebanyak 301 Sertifikat. Selanjutnya Penyerahan Sertifikat Tanah Pemda Bantul sebanyak 2 Sertifikat, dengan rincian 1 Sertifikat berada di Kalurahan Trirenggo dipergunakan untuk Jalan, dan 1 Sertifikat berada di Kalurahan Wonokromo yang dipergunakan Gedung BPMD. Selain itu terdapat sertifikat Lintas Sektor sejumlah 125 Sertifikat dengan rincian warga Kalurahan Sriharjo sebanyal 56 Sertifikat dan Warga Kalurahan Wukirsari sebanyak 69 sertifikat.

Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bantul menyampaikan syukur dan berterimakasih kepada seluruh tim dan juga pihak yang mendukung proses pensertifikatan tanah tersebut, sehingga sertifikat tersebut bisa diselesaikan dengan baik, selain itu Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bantul sudah mencoba menggunakan sertifikat Elektronik yang berhasil dibuat dan diberikan langsung untuk Tanah Pemerintah Daerah sebanyak 2 sertifikat Elektronik, dengan adanya sertifikat elektronik ini maka akan mempermudah pihak yang memiliki sertifikat untuk memudahkan menyimpannya dan juga bisa langsung dicek data kepastianya secara online dengan tidak bisa dipalsukan datanya.

Bapak Bupati Bantul menyampaikan bahwa terbitnya sertifikat ini sangat penting bagi pihak yang menerima, selain itu warga mendapat kepastian hukum terkait kepemilikannya, dasar lahan dan dasar hukumnya jelas, sehingga untuk kedepannya tidak akan terjadi permasalahan, hal tersebut yang kita inginkan bersama. Selain itu juga menyampaikan rasa terimakasih kepada bapak Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bantul yang telah berhasil menyelesaikan sertifikat dan juga telah berhasil membuat sertifikat elektronik yang datanya sudah pasti tidak bisa dipalsukan. Dengan ucapan terimakasih, Bapak Bupati Bantul memberikan Piagam Penghargaan kepada Bapak Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bantul atas partisipasinya daalm membantu Pemerintah Kabupaten Bantul untuk proses percepatan pensertifikatan tanah milik pemerintah, tanah kasultanan, tanah desa/kalurahan, tanah lintas sektor dan konsolidasi tanah tutupan di Kabupaten Bantul………(GGH)


Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana) Kabupaten Bantul, Berkebun Ruang Kebaikan.