Profil DPTR

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta pengelolaan pertanahan dan tata ruang yang bertanggungjawab maka Dinas Pertanahan Dan Tata Ruang  Kabupaten Bantul sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, berusaha mengimplementasikan melalui berbagai kebijakan perencanaan dan kegiatan teknis pembangunan khususnya di bidang  pertanahan dan tata ruang.

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Bantul berdiri berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bantul dan Peraturan Bupati Bantul No. 111 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Bantul, di dalamnya termuat kedudukan, tugas pokok dan fungsi.

Kedudukan

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah di bidang Pertanahan dan Tata Ruang yang dipimpin oleh Kepala Dinas dan berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Tugas Pokok

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang mempunyai tugas mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan bidang administrasi pertanahan dan penataan ruang

Fungsi

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada pasal 3, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang menyelenggarakan fungsi :

  1.  Perumusan kebijakan bidang pertanahan dan penataan ruang;
  2.  Pelaksanaan kebijakan bidang pertanahan dan penataan ruang;
  3.  Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan bidang pertanahan dan penataan ruang;
  4.  Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
  5.  Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Peta Pola Ruang (RDTR)

Sudah Baikkah Layanan Kami ?

Klik gambar untuk memberikan penilaian

Pengunjung
  • Pengunjung: 84171
  • Online: 36
  • Hari ini: 64