Berita

DISPERTARU Bantul Siap Untuk Selamat

Selasa Kliwon, 30 April 2019 08:32 WIB 421

foto
Seluruh Pejabat dan Pegawai DISPERTARU Bantul ikut berpartisipasi dalam HKB 2019

BANTUL – Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) Kabupaten Bantul pada tanggal 26 april 2019 mengundang perwakilan dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul dalam rangka pendampingan sosialisasi simulasi tanggap bencana. Kegiatan ini juga dalam rangka ikut berpartisipasi dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana yang dipelopori oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejak tahun 2017. Pada kesempatan ini Dispertaru Kabupaten Bantul memilih simulasi menghadapi kebakaran di lingkungan kantor.

Pak Warsito sebagai perwakilan dari BPBD menjelaskan tentang apa saja yang harus dilakukan saat menghadapi kebakaran, khususnya kebakaran yang disebabkan oleh gas elpiji 3 kg yang paling dikhawatirkan oleh para Ibu – ibu. Simulasi dimulai dengan penjelasan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dari spesifikasi, kadaluarsa, dan cara penggunaan APAR yang benar. Tidak mau ketinggalan Plt Kepala Dispertaru Bantul Bapak Ir. Isa Budi Hartomo, MT juga ikut berpartisipasi dalam simulasi memadamkan kebakaran menggunakan APAR. Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan tentang menangani tabung gas lpg 3 kg yang bocor dan terbakar. Pak Warsito menjelaskan bahwa sebenarnya tabung lpg itu tidak bisa meledak, yang meledak adalah ruangan yang telah tercampur dengan gas elpiji dan tekanannya tinggi kemudian terkena api itulah yang sebenarnya yang terjadi pada kasus ledakan gas lpg. Jika tabung gas lpg bocor atau terbakar diharapkan kita tetap tenang lalu membuka ruangan agar gas dapat mengalir keluar ruangan, lalu bungkus tabung gas menggunakan kain tebal yang dibasahi air dan bawa keluar ruangan.

Kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana di kantor Dispertaru Kabupaten Bantul berakhir pukul 11.00 wib. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh pegawai Dispertaru dan perwakilan dari BPBD Bantul. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan edukasi pada seluruh pegawai Dispertaru Bantul dalam menghadapi bencana kebakaran dan diteruskan kepada masyarakat agar tujuan dari Hari kesiapsiagaan Bencana yaitu membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana dapat tercapai.


Bantul Siaga Covid - 19

Klik Gambar Untuk Mengetahui

Perkembangan Penanganan COVID-19

di Kabupaten Bantul

 

Sudah Baikkah Layanan Kami ?

Klik gambar untuk memberikan penilaian

Pengunjung
  • Pengunjung: 238627
  • Online: 2
  • Hari ini: 631